Lampu indikator check engine avanza terus menyala

Lampu indikator check engine di speedometer di avanza berfungsi sebagai pemberi peringatan dini pada pengendara mobil bahwa telah terjadi sesuatu pada mesin. Peringatan ini biasanya membuat pengemudi panik, terutama ketika menyalakan mesin, lampu indikator check engine terus menyala. Artikel ini menanggapi keluhan pengguna mobil toyota avanza kerap mendapati masalah lampu engine menyala terus.

Lampu indikator check engine menyala tak selalu ada masalah dengan mesin mobil Anda. Pada umumnya lampu engine mobil atau Lampu engine avanza terus menyala dan berkedip tersebut bisa saja dikarenakan soket kabel kendor, kebocoran pada radiator,  kekeringan oli, atau lainnya. Bisa juga disebabkan oleh komponen yang tak terpasang dengan benar.

Lampu indikator engine avanza menyala

Penyebab lampu Indikator Check engine avanza menyala terus atau berkedip saat mesin mobil hidup

Arus Pendek ke Komputer atau ECU

Nah.! Salah satu penyebab lampu indikator check engine avanza menyala bisa disebabkan oleh tegangan aki mobil yang tidak stabil, membuat komputer atau ECU Avanza jadi error, biasanya karena mobil avanza manual mati mendadak ketika mulai jalan karena gas kecil atau saat pengereman berhenti lupa injak kopling. Caranya dengan mencabut kabel konektor negatif pada aki lalu tunggu selama 10 detik. Pasang kembali kabel konektor negatifnya. Jika sudah dilakukan tapi lampu indikator masih menyala, kemungkinan ada kerusakan pada sensor mesin mobil avanza Anda

Filter Udara Kotor Penyebab Lampu Engine Avanza Terus Menyala

Filter udara erat kaitannya dengan mass airflow sensor yang berfungsi menentukan jumlah bahan bakar yang harus digunakan berdasarkan udara masuk ke mesin mobil. Apabila filter udara sudah terlalu kotor, tentunya akan menghambat suplai udara masuk ke ruang bakar. Inilah menyebabkan mass airflow sensor rusak. Rusaknya komponen tersebut akan menyebabkan lampu indikator check engine menyala. Solusinya filter udara harus di bersihkan atau di ganti

Sensor Oksigen Rusak

Rusaknya sensor oksigen, komponen ini berfungsi memonitor oksigen di knalpot dan menentukan banyaknya bahan bakar yang terbakar. Jika sensor oksigen avanza rusak atau tidak bekerja, maka menggangu kinerja mesin dan menyebabkan lampu indikator engine check avanza menyala terus. Mengatasinya, sensor oksigen harus di ganti.

Catalytic Converter Rusak

Catalytic converter berfungsi mengubah karbon monoksida dan zat-zat berhaya lainnya menjadi senyawa yang aman bagi lingkungan. Untuk itu, perhatikan kinerja dari catalytic converter mobil Anda agar lampu tak menimbulkan munculnya lampu indikator check engine.

Tanda jika catalytic converter mengalami kerusakan yaitu; bahan bakar cepat habis atau mobil tak memiliki tenaga untuk melaju. Penyebab lainnya bisa dikarenakan sensor oksigen rusak, sehingga catalytic converter tak bisa melakukan proses konversi.

Tutup Besin Tidak Rapat Juga Penyebab Lampu Engine Avanza Terus Menyala

Sepele tapi akibatnya justru bisa fatal. Tutup bahan bakar yang terbuka dapat dibaca sensor pada ECU dianggap berbahaya. Kejadian ini bisa menyebabkan lampu indikator check engine menyala. Segera eratkan penutup tangki bahan bakar. Selain itu, cek apakah ada kebocoran pada tangki BBM avanza Anda.

Oli Mesin Berkurang

Perlunya perhatian yang intensif dan menyeluruh merawat mesin mobil anda.! Salah satu kelalaian fatal dalam merawat mesin mobil, yaitu air radiator berkurang, air radiator yang kurang menyebabkan panas dan pakin deksel bisa bocor, jika sudah bocor.! dapat membuat oli pada mesin cepat berkurang, membuat lampu indikator check engine pun menyala. Satu-satunya solusi adalah engine head gasket harus di bongkar dan di ganti.

Komentar