Speedometer

Sebagai pemakai mobil sejuta umat ini banyak sekali di antara pengguna mobil Toyota Avanza dan mobil Ertiga banyak tidak mengetahui adanya MID (Multi Informasi Display) dan cara merubah speedometer mobil avanza dan ertiga. Kedua jenis mobil tersebut jarang bisa mengubah satuan konsumsi bahan bakar km/L ke L/100km karena caranya yang tersembunyi. Namun.! Kini banyak yang sudah mengetahui dan menyenangi  menggunakan MID. Namun dengan hanya satu atau dua tombol sering kali terdapat hal hal yang tidak di ketahui langsung. Termasuk dua mobil yang menjamur di Indonesia yang di pakai untuk rental mobil, yaitu: Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga.

Cara Merubah Display Satuan Ukuran di Speedometer Mobil Avanza dan Ertiga

Seperti pada umumnya, tampilan speedometer hanya berupa sebuah LCD monokrom dan dua tombol untuk menjelajahinya, namun ada sebuah fungsi dari MID tersebut yang jarang diketahui. Yaitu: “bisa mengganti temperatur dan satuan angka komsumsi BBM rata rata pada mobil Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga. Ada yang menggunakan satuan KM/L dan ada juga yang memakai L/100km dan caranya tersembunyi.

Toyota Avanza dan Veloz

Speedometer Avanza dan ertiga

Pernahkah anda mencoba cara dibawah ini.? Cara ini hanya untuk toyota avanza 2011 keatas, untuk All New Avanza hanya Veloz 1.5 M/T dan A/T. Semua tipe Grand New memiliki MID. Untuk mengutak atik MID hanya dua tombol yang terdapat pada speedometer, yaitu; sebelah kiri untuk mengatur jam dan yang kanan bertuliskan ODO/TRIP DISP. Berikut langkah langkah untuk mengubah satuan dari KM/L menjadi L/100km:

  1. Tekan tombol ODO/TRIP DISP berkali kali hingga menemukan AVG di atas angka
  2. Kemudian tekan dan tahan tombol ODO/TRIP DISP tersebut setelah 2 detik, angka pada MID komsumsi bahan bakar akan menjadi 0.0, tahan dan jangan lepas tombol tersebut.
  3. Kemudian setelah 7 detik maka satuan akan berubah, dari km/L akan menjadi L/100km

Suzuki Ertiga

Speedometer Ertiga

Tahukah Anda.? Semua Suzuki Ertiga di Indonesia mempunyai MID. “Namun di bawah varian GX tidak mendapat pengukur temperatur luar. Bagian teratas layar monokrom antara speedometer dan takometer, Terdapat dua satuan yang dapat di rubah, yaitu; satuan komsumsi BBM dari km/L ke L/100km atau sebaliknya, dan juga satuan temperatur F” (derajat fahrenheit) ke C” (derajat celcius). Terdapat dua tombol juga untuk merubah dan mengatur, tombol TRIP dan di bawah speedometer merupakan tombol pengatur brightness instrument cluster yang dapat di gunakan. Berikut cara untuk mengubah satuan komsumsi bahan bakar dari L/100km ke km/L:

  1. Cari MID ke bagian komsumsi BBM rata rata yang bertuliskan AVG pada baris kedua.
  2. Lalu tekan dan tahan tombol TRIP di sebelah kiri, setelah 3 detik dan masih sambil menahan tombol tersebut putarlah tombol di sebelah kanan ke kiri atau ke kanan namun terasa agak keras, untuk mengubah satuan komsumsi dari L/100km ke km/L atau juga bisa sebaliknya.
  3. berikutnya untuk mengubah satuan temperatur pada Ertiga GX atau Dreza: Arahkan MID ke bagian sisa jarak yang dapat ditempuh yang di tandai tulisan RANGE di baris kedua.
  4. Langkah kedua Lakukan seperti cara mengubah satuan komsumsi bahan bakar, maka satuan temperatur akan berubah dari F” (derajat fahrenheit) ke C”(derajat celcius).

Komentar