Festival Meriam Karbit Pontianak, Tradisi Unik Kalimantan Barat

Festival Meriam Karbit Pontianak merupakan festival permainan tahunan dan tradisi unik kearifan lokal Kalimantan Barat. Setiap malam menyambut Idul Fitri, menjadi seni permainan khas Pontianak. Pontianak merupakan salah satu kota unik dengan bermacam destinasi wisata unik pula, salah satunya ialah sungai Kapuas dan Tugu Khatulistiwa yang berada tengah kota. Kedua objek wisata tersebut menjadikan Kalimantan Barat satu-satunya Provinsi dengan sungai terpanjang Indonesia dan tugu Khatulistiwa berada tengah kota Pontianak. Berbagai festival pada destinasi wisata Pontianak tersebut, baik acara tahunan maupun bulan bulan tertentu. Tidak hanya warga lokal yang meramaikan seni festival budaya tersebut, wisatawan luar negeri pun ramai datang ke Pontianak untuk menyaksikan festival tersebut.

Festival Meriam Karbit Tradisi & Seni Budaya Pada Malam Idul Fitri di Pontianak

meriam karbit Pontianak

Awal terciptanya permainan meriam Karbit Alkisah berawal dengan pembukaan lahan keraton Pontianak sebagai raja pertama Sultan Syarif Abdulrahman Alkadri Pontianak untuk pengusir kuntilanak dengan memainkan Meriam Karbit. Tradisi-tradisi unik ini berlangsung sejak jaman dahulu kala dan kini jadi salah satu tradisi permainan yaitu Festival Meriam Karbit. Berseberang-seberangan Sungai Kapuas yang membelah kota Pontianak tempat memainkannya. Balok-balok meriam dihiasiĀ  dengan berbagai macam corak dan warna. Masing-masing Kelurahan yang berada pinggiran sungai kapuas mempunyai balok meriam yang ikutan meramaikan festival tahunan malam Idul Fitri. Seluruh masyarakat kota Pontianak dan wisatawan datang menyaksikan festival tersebut.

Bersama Jasa sewa mobil Pontianak wisatawan menyusuri seluruh panggung-panggung meriam pinggiran sungai Kapuas. Wisatawan bisa menyaksikan dari kapal-kapal wisata untuk berkeliling. Wisatawan ada dari luar Kalimantan Barat maupun warga lokal antusias menyaksikan Festival Meriam Karbit sepanjang sungai Kapuas.

Penilaian festival berdasarkan dekorasi dan suara dari meriam itu sendiri, tergantung ketetapan dari panitia juga seperti apa kategori-kategori penilaian tersebut. Nah.! Apakah kalian luar Kalimantan Barat penasaran dengan festival meriam karbit, Tenang.! Dengan menggunakan rental mobil Pontianak dapat menyaksikan festival tersebut. Bagi masyarakat Pontianak.! siapkan nyali kalian untuk membunyikan (menyulut) “nyucul meriam” yang ada sepanjang sungai kapuas panggung-panggungĀ meriam karbit.

Komentar