Kebiasaan salah merawat mobil, jangan di tiru.!

Dalam waktu yang senggang kita menyempatkan diri untuk merawat mobil kesayangan secara teliti dan cermat agar mobil selalu prima. Namun.! masih dengan kebiasaan yang salah dalam merawat mobil. Jangan ditiru ya.! Terutama bagi Anda yang punya banyak mobil yang tidak mungkin sepenuhnya di serahkan perawatanya ke bengkel, karena dengan alasan penghematan pengeluaran.

Kesibukan pada mobil yang sering di pakai membuatnya sangat membutuhkan perawatan secara rutin dan berkala, agar unit mobil Anda tetap awet dan budget yang di keluarkan tidak membengkak.

Namun; karna dengan kebiasaan kita dalam merawat keseluruhan bagian mobil yang tanpa kita sadari dengan cara yang salah. Bahkan.! bisa mengakibatkan kerusakan pada body dan mesin serta sistem kelistrikan mobil itu sendiri.

Cara yang salah dalam merawat mobil

Berikut Cara Salah Dalam Merawat Mobil:

  1. Hanya ganti oli tanpa service berkala; Untuk menghemat budget biasanya kita hanya ganti oli tanpa melakukan service rutin, banyak dari kita para pemilik mobil hanya melakukan pergantian oli mesin, oli gardan, dan perseneling, tapi langkah langkah tersebut tidak di barengi dengan service rutin.
  2. Kebiasaan menghidupkan mesin di pagi hari sambil menginjak pedal gas; Kebiasaan tersebut bila sering kita lakukan bakal menimbulkan efek yang sangat tidak baik pada mesin. Karena saat mesin dengan waktu yang lama mati pelumasnya akan mengendap dan saat kita baru menghidupkan mesin tidak seluruhnya pelumas melumuri mesin,
  3. Balancing dan Spooring tidak berkala; Jarang sekali kita melakukan Balancing dan Spooring secara berkala, kebanyakan dari kita melakukan Balancing dan Spooring saat di perlukan saja. Dengan melakukan Balancing dan spooring secara berkala di setiap 10.000 km atau 20.000 km kita bisa menghemat pemakaian ban.
  4. Menghidup atau mematikan AC mobil pada saat mesin mobil kencang (RPM tinggi); Cara tersebut menyebabkan gesekan keras pada belt dan antara pulley dan pressure plate pada kompresor AC terlalu keras sehingga juga membuat kerja mesin terlalu berat.
  5. Membersihkan lantai kabin dengan menyiramkan air; Cara ini bisa membuat komponen sistem kelistrikan bisa terganggu, dan yang lebih fatal adalah lantai kabin bisa berkarat.
  6. Mencuci mobil dengan deterjen biasa; Ternyata bahan yang terkandung di dalam deterjen biasa dapat merusak lapisan pada warna cat mobil itu sendiri loh,! jadi gunakan sabun atau shampoo khusus agar warna cat mobil terjaga.

Cara-cara diatas merupakan cara salah dalam keseharian kita merawat mobil. Perhatikan kebiasaan salah di atas agar kita tidak mengulangi kebiasaan-kebiasaan itu lagi dalam merawat dan menjaga mobil kita tetap awet. “Semoga bermanfaat bagi kita semua terutama untuk rental mobil agar tidak mengeluarkan budget untuk perawatan unit menjadi tambah membengkak.

Komentar