Merokok di Mobil

Air Conditioner atau biasa di singkat AC adalah salah satu fasilitas atau fitur yang tidak terpisahkan dalam sebuah mobil yang sangat di butuhkan. Udara dari AC mobil yang sejuk dan bersih merupakan keharusan di mobil, agar dalam berkendara tetap terasa nyaman di perjalanan. Salah satu penyebab AC menjadi bau Apek Mungkin adalah pemilik mobil yang telah mempunyai mobil yang umurnya lebih dari 3 tahun sering mengalami hal ini. sebagai penyedia jasa rental mobil harus selalu menjaga agar unit mobil sewanya selalu bersih dan nyaman di pakai, agar tetap terjaga kualitas pelayanan jasa sewa mobil. untuk itu dari exterior dan interior mobil harus selalu bersih dan terawat, terutama pada AC mobil sebagai kebutuhan utama dalam kenyamanan saat berkendara. penyebab AC bau biasa disebabkan karena interior yang tak terawat dan kebiasaan-kebiasaan seperti merokok dan sering membuka kaca saat berkendara.

Berikut  penjelasan kenapa AC mengalami  bau

Penyebab Bau Apek di dalam MobilAC mobil yang berbau apek pada saat awal AC dihidupkan, jadi pada saat AC pertama kali dihidupkan akan menghembuskan udara yang tidak segar atau apek. Saran dari kita supaya udara yang baru keluar supaya jangan di hirup, karena udara dari AC yang baru di nyalakan mengandung bahan-bahan tidak baik yang keluar dari tabung pereon atau debu yang tidak baik untuk pernapasan.

Hal ini cukup mengganggu bagi penumpang mobil tersebut dimana kenyamanan  berkurang dan udara dalam kabin mobil cenderung tidak sehat. Setelah ditelusuri ternyata bau apek ini dikarenakan kotoran dan debu yang menempel pada sistem AC, nah setelah tau penyebabnya kita akan menelusuri sistem AC dan membersihkannya.

Setelah ditelusuri ternyata sumber bau terdapat pada evaporator AC, sehingga mengkontaminasi udara yang dihembuskan oleh evaporator. Hal-hal yang membuat evaporator tersebut kotor antara lain. Yaitu sering membuka kaca pada saat mobil berjalan khususnya pada perokok yang sering membuka jendela hanya untuk membuang asap rokok, selain asapnya yang terhisap sistem AC maka kotoran dan debu dari luar pun lebih banyak masuk kedalam kabin mobil.

Hal lain yang menjadi sarang kotoran atau debu adalah karpet mobil, yang biasanya jarang dibersihkan. Oleh karena jarang dibersihkan maka ini debu ini akan ikut bersirkulasi pada sistem AC. Nah untuk obat pertama tentu membersihkan evaporator bila perlu lakukan servis pada evaporator sekaligus membersihkannya, kalo bisa sebaiknya dilakukan minimal 1 tahun sekali.

Hal lain yang bisa menyebabkan bau apek adalah filter blower yang sudah kotor dan sudah harus di ganti, filter blower ini biasanya digunakan oleh mobil produksi 2007 keatas. Fungsinya adalah untuk menyaring udara yang dihembuskan blower dan penempatanya biasanya didalam kabin.

Bila terlihat kotor sebaiknya segera dibersihkan, ciri-ciri filter blower kotor adalah biasanya angin yang keluar dari kisi-kisi AC mulai terasa lemah dan mengeluarkan bau apek. Setelah melihat paparan diatas dapat dilihat bahwa kuncinya adalah kebersihan di dalam kabin mobil. Montir mania juga dapat menambahkan pengharum mobil agar udara mobil selalu segar, setelah membersihkan AC sistem mobil.

Hal terakhir adalah salah dalam memakai pewangi mobil, hal yang mungkin selama ini tanpa di sadari kesalah pada setiap pengendara yang memakai pewangi murahan. Pewangi mobil yang abal-abal adalah salah satu penyebab udara AC menjadi aroma yang tidak sedap setelah pewangi tersebut habis. Awalnya pewangi abal-abal tersebut memang wangi, tetapi setelah habis dan lama-kelamaan sisa dari pewangi tersebut akan menjadi bau yang tidak sedap saat mesin AC mengeluarkan udara

Silahkan mencoba, semoga bermanfaat

Komentar