Kabupaten Bengkayang adalah salah satu Kabupaten di Kalimantan Barat yang berbatasan langsung dengan Serawak Malaysia dengan sebagian wilayah terdapat conture tanah yang berbatu dan berbukit bukit. Objek wisata di Bengkayang yang terkenal salah satunya ialah Bukit Jamur, yang belum semua masyarakat Kalimantan Barat mengetahui dan pernah ke bukit ini. Bukit Jamur merupakan bukit yang penuh dengan bebatuan yang dulunya di sebut dengan Gunung Batu.

Bukit Jamur Bengkayang Kalimantan Barat

Bukit jamur merupakan bukit yang memiliki keindahan di waktu pagi yang sama dengan Mahameru, sehingga sebagian masyarakat Kalimantan Barat menyebutnya dengan Mahamerunya Kalimantan Barat. Akses menuju ke sana dari kota Pontianak kita bisa menggunakan jasa Rental Mobil Pontianak atau Sepeda Motor, Jalur yang di lewati bisa melalui kota Singkawang dan juga melalui Kecmatan Anjongan, lebih dekat melalui Kecamatan Anjongan dengan melalui Tiga desa dan Bukit Jamur itu terletak di Desa Belangko Kabupaten Bengkayang. Mobil atau motor yang kita bawa bisa di titipkan di pemukiman warga sekitar kaki Bukit karna belum di sediakannya lahan parkir, untuk menuju puncak Bukit jamur kita harus mendaki kurang lebih 2 jam perjalanan dari kaki Bukit. Selama perjalanan kita di suguhkan dengan keaslian alam yang hijau, sawah sawah dan penorama yang indah serta kesegaran udara yang belum terkontaminasi polusi, yang akan membuat kita tidak merasakan lelah selama mendaki gunung batu itu yang di sebut sebagai Bukit Jamur.

Untuk menikmati keindahan Bukit Jamur kita harus benar-benar mempersiapkan fisik dan perbekalan yang mencukupi agar sampai ke Bukit dan lebih puas menikmati pemandangan saat kita berada di puncak. Sebagian pengunjung Ada yang benar-benar hobi mendaki gunung dan ada pula fotografer yang mendaki untuk mengabadikan keindahan Bukit Jamur. Dari puncak bukit kita bisa melihat perbukitan Negara tetangga walaupun kecil dari kejauhan karena kabupaten bengkayang bersebelahan dengan Serawak Malaysia.

Untuk merasakan sensasi seperti berada di Mahameru kita harus berangkat subuh dan sampai sebelum Sunrise, sesampainya disana kita di suguhkan keindahan lautan awan diatas perbukitan yang ada di sekitar Bukit Jamur  seolah olah kita berada diatas awan. Untuk benar benar puas menikmati penorama yang jarang di lihat kita bisa berkemah di puncak bukit, selain pemandangan saat Sunrise yang menakjubkan di pagi hari, kita juga bisa menikmati bintang bintang yang bertaburan saat malam hari.

Tips untuk berwisata ke Bukit Jamur:

  1. Ajaklah pemandu atau teman yang sudah berpengalaman mendaki Bukit Jamur dan patuhi larangan larangan Adat yang ada disana karna di hutan kampung tersebut masih menggunakan norma adat yang sangat kuat.
  2. Pilihlah waktu yang tepat dimana kita bisa menikmati keindahan awan yang menenggelamkan bukit bukit di sekitar Bukit Jamur dan pergi dengan cuaca yang bersahabat.
  3. Bawalah perlengkapan yang memadai dan tidak menyusahkan saat kita mendaki, seperti: makanan, minuman, untuk yang ingin menginap bawalah tenda, senter, peralatan masak, dan air yang banyak karna di sekitar puncak Bukit Jamur tidak ada sumber air.
  4. Permasalahan yang paling penting setelah selesai berkemah atau mengunjungi Bukit Jamur adalah melestarikan dan menjaga ke indahan alam sekitar agar tetap menjadi alam Indonesia yang segar, bersih dan alami dengan tidak meninggalkan sampah apapun di Bukit Jamur.

Demikian ulasan kami Rental mobil Pontianak, yang mana selalu mengantar pak Denis seorang Fotografer Pontianak dengan Driver yang berpengalaman berkeliling Kalimantan Barat untuk mengabadikan keindahan alam Kalbar dan menjadi pelanggan setia pemakai  jasa sewa mobil di Pontianak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *