Sungai Kapuas Pontianak

Sungai Kapuas adalah sungai terpanjang di Indonesia yang terletak di kota pontianak, Kalimantan Barat. Sungai ini juga dikenal sebagai Ikon kota Pontianak dan menjadi salah satu destinasi wisata andalan kota Pontianak serta menjadi sarana jalur perdagangan antar kabupaten kota di Kalimantan Barat. Ada 4 kabupaten yang dialiri sungai ini, yaitu; Kabupaten Sanggau, Kabupaten Sekadau, Kabupaten Sintang, dan yang paling ujung adalah Kabupaten Putussibau Kapuas Hulu yang dikenal dengan ikan Arwana-nya yang menjadi salah satu habitat yang hidup di sungai ini.

Sungai terpanjang yang ada di nusantara ini merupakan sungai yang aktif, yaitu sungai yang sangat di butuhkan dalam menunjang aktifitas masyarakat yang tinggal di bantaran sungai. Berbagai macam Aktifitas yang menjadikan sungai Kapuas sendiri menjadi Sungai yang sibuk dengan lalu lintasnya, yaitu menjadi salah satu jalur perdagangan antar Kabupaten, jalur Industri pertambangan Kalimantan Barat, dan sampai saat ini masih digunakan sebagai jalur lalulintas penyeberangan kota Pontianak.

Alun-alun sungai kapuas pontianakSaat ini wilayah kota Pontianak yang berkembang di bantaran sungai kapuas di kembangkan oleh Pemerintah Kota menjadi wilayah Water front City. Dengan Program pembenahan pemukiman serta pasar yang terbentuk di Pinggiran sungai yang akan menjadi tatanan keindahan Kota Pontianak yang dominan berkembang di sungai ini akan menambah daya-tarik wisata.

Sejarah Sungai Kapuas

Tepian Sungai Kapuas Pontianak

Dahulu kala Transportasi antar 4 Kabupaten Kalimantan Barat hampir 90% melalui sungai kapuas. Pelebaran kekuasaan Keraton Kadariah juga lebih dominan menggunakan jalur sungai kapuas yang mana dari awal semua keraton-keraton yang ada di 4 Kabupaten. Itulah yang menjadi awal dari perkembangan kota-kota Kabupaten dan Ibukota yang ada di Kalimantan Barat.

Di kota Pontianak sendiri Sungai Kapuas menjadi salah satu objek wisata di tengah kota yang mana kita disuguhkan pemandangan-pemandangan unik yang ada di sekitar sungai. Yang menghiasi pemandangan unik adalah sampan-sampan tradisional yang mengikat ke aslian sungai, kapal motor tradisional yang kita kenal dengan nama Kapal Bandung, Ada juga masjid bersejarah dari abad 17-an yaitu Masjid Jami’ Keraton Kadariah, serta jembatan Kapuas yang menjadi jalur lalu lintas untuk menyeberangi sungai yang menambah Spektakuler serta keindahan kota pontianak.

Bagi anda yang ingin sengaja untuk menikmati keunikan sungai kapuas anda bisa di antar ke Taman Alun-alun Kapuas oleh jasa taxi di Pontianak atau rental mobil Pontianak yang anda sewa saat berada di Pontianak. Sesampainya di Taman Alun-alun Kapuas yang terletak di Jalan Rahadi Usman, yang berseberangan dengan kantor Walikota Pontianak. Anda bisa menikmati pemandangan kapal-kapal besar karena Taman Alun-alun Kapuas bersebelahan dengan PT. Pelabuhan Indonesia II, serta Joging Track dan taman yang ada disitu menambah ke indahan taman Alun-alun Kapuas. Sebagai pelengkap Destinasi wisata juga di sediakan kapal wisata khusus untuk berkeliling menikmati keunikan serta keindahan di sepanjang sungai. Tidak ketinggalan juga kapal tersebut di sedikan makanan dan minuman yang menambah asiknya berwisata di atas sungai kapuas.

Nah bagi Anda yang sengaja datang di Kota Pontianak baik untuk berwisata maupun dalam berbisnis, rugi sekiranya kalau belum memutari sungai kapuas.

Komentar