Tips Menghemat Bahan Bakar Mobil

Tips mengemudi hemat bahan bakar – Sangatlah penting rasanya mengetahui cara mengemudi agar hemat BBM, bahan bakar minyak memang menjadi kebutuhan yang sangat di perlukan sehari-hari bagi masyarakat kita dalam menunjang kebutuhan transportasi. Disemua jenis alat transportasi pastinya membutuhkan bahan bakar minyak khususnya premium dan solar. Bahan bakar minyak merupakan tulang punggung perekonomia di semua Negara di dunia ini. Pemerintah kita sekarang sering menaikan dan menurunkan BBM dikarenakan turun naiknya pula minyak dunia dan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika. Sekarang per desember 2017 aja di Kalimantan Barat harga rata rata Premium mencapai Rp.6.450, Pertalite Rp.7.100, Dexlite 7.450, Pertamax 7.750, Pertamax Plus 8.400, dan Pertamina Dex 8.800. Oleh sebab itu pentingnya kita sekarang dapat menghemat BBM dalam berkendara agar pemakaian bahan bakar kendaraan Anda bisa lebih hemat dan irit, salah satu jenis kendaraan yang pemakaian BBM paling tinggi adalah mobil. Berikut kita akan mengulas cara sederhana tentang cara berkendara agar hemat BBM.

Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina

Tips hemat BBM ala rental mobil Pontianak, RJasa

Tips mengemudi agar tidak boros BBM

Dalam menghemat pemakaian BBM saat mengendarai sangat penting bagi kita untuk memperkecil pengeluaran terlebih bagi anda dalam mengelola usaha jasa rental mobil atau Taxi Service yang harus tepat dan hemat dalam pemakaian BBM agar pengeluaran untuk biaya Operasional sesuai dengan target yang telah di tentukan. Konsumsi bahan bakar atau BBM dari kendaraan mungkin menjadi masalah bagi hampir sebagian besar orang. Rasanya semua ingin memiliki mobil dengan konsumsi bahan bakar yang irit sebagai salah satu fiturnya. Makanya sekarang hampir semua Perusahaan Mobil berusaha dan berlomba-lomba dalam menciptakan Sistem Teknologi dalam membuat mesin mobil lebih irit bahan bakar.  Sayangnya hal itu terbilang sulit karena konsumsi BBM dipengaruhi banyak faktor. Sebut saja misalnya besar kapasitas mesin mobil, kondisi jalan dan lalu lintas, sampai dengan tehnik mengemudi yang kita lakukan. Untuk hal yang terakhir, ternyata ada beberapa tips yang mungkin dapat kita lakukan untuk menekan konsumsi bbm dalam berkendara. Kebiasaan kita dalam berkendara ternyata juga dapat mempengaruhi boros atau tidaknya pemakaian bahan bakar yang kita lakukan. Untuk itu, coba beberapa tips berkendara berikut ini;

Jangan Memanaskan Mobil Terlalu Lama

Kebanyakan orang memiliki kebiasaan untuk memanaskan mobil saat sebelum menjalankan mobil tersebut, mitosnya agar pelumasan pada mobil merata dengan baik, tetapi dalam penghematan bahan bakar kita berusaha semaksimal mungkin agar bisa di minimalkan. Bahkan ada yang memanaskan mobil hingga 10 atau 15 menit. Padahal konsumsi bbm mobil yang sedang berhenti (stanbay mesin mobil hidup) sekalipun, termasuk saat dipanaskan, terbilang cukup tinggi. Idealnya mobil sekarang, khususnya yang berteknologi injeksi, cukup dipanaskan sekitar 1 menit saja sudah cukup untuk digunakan. Beberapa pakar menganjurkan untuk memanaskan mobil sebentar saja, lalu mengemudi perlahan selama 2 atau 3 menit sudah cukup. Misalkan saja mengemudi perlahan saat mengeluarkan mobil dari garasi, atau untuk keluar kompleks perumahan.

Jangan Terburu-buru Menambah Akselarasi

Saat baru jalan, tidak perlu menekan pedal gas terlalu dalam untuk menambah kecepatan. Injak gas secara perlahan dan bertahap, lalu pindahkan perseneling juga dengan mantap. Jangan biarkan RPM tinggi pada gigi rendah, atau RPM terlalu rendah pada gigi tinggi. Idealnya mesin dengan bahan bakar bensin, penggantian gigi dilakukan pada RPM 2000-3000. Sementara untuk mesin diesel dengan torsi yang tinggi, 1000-2000 RPM adalah saat yang tepat untuk menambah posisi perseneling. Langkah tersebut bukan hanya dapat menghemat bahan bakar namun juga dapat mencegah mudah aus atau kerusakan pada kanpas kopling kendaraan Anda.

Jarak Aman dan Kecepatan

Mobil yang berjalan dengan kecepatan stabil, yang berarti pedal gas juga tidak terlalu banyak berubah posisinya, cenderung mengonsumsi bahan bakar lebih sedikit. Maka dari itu, coba untuk menjaga jarak aman dan berada dalam kecepatan yang stabil. Tidak memberhentikan atau menambah kecepatan secara mendadak. Menginjak rem dan mengurangi kecepatan secara mendadak ternyata menjadi salah satu faktor konsumsi bbm mesin mobil anda menjadi lebih boros. Karena itu jarak aman sangatlah berperan penting, selain untuk keselamatan lebih penting, selain juga untuk konsumsi hemat bahan bakar kendaraan anda. Mengerem dan mengurangi kecepatan secara perlahan akan membuat pemakaian bahan bakar yang anda lakukan menjadi lebih irit.

Sesuaikan Cara Mengemudi dengan Kondisi Jalan

Cara bagaimana kita menghadapi kondisi jalan juga ternyata dapat membantu kita mengirit konsumsi BBM. Misalkan adalah menurunkan gigi di saat yang tepat ketika melalui jalan menanjak, atau penggunan teknik engine brake saat melalui jalan yang menurun. Bahkan cara kita memasuki jalanan yang menikung juga dapat membantu kita agar lebih hemat bahan bakar lagi. Kurangi gas sebelum masuk ke tikungan untuk mengurangi kecepatan, dan tambah kecepatan saat sudah masuk tikungan atau ketika akan segera keluar dari tikungan tersebut. Dengan demikian, kita tidak perlu menginjak pedal rem yang membuat konsumsi bahan bakar lebih boros.

semoga bermanfaat bagi kita semua untuk menghemat bahan bakar dalam berkendara .

Komentar