Dengan kemajuan dan kebutuhan akan transportasi oleh masyarakat kota Pontianak membuat transportasi berbasis aplikasi online  ini seakan menjadi jalan tengah dalam menghadapi kondisi mobilitas masyarakat Pontianak yang intensitasnya semakin tinggi, dengan keadaan kota menuju kemacetan dan alat transportasi yang ada jauh dari kenyamanan di jalan raya yang persoalannya tidak mudah di pecahkan oleh pemerintah kita sendiri. Di era moderen sekarang ini teknologi semangkin berkembang dengan pesat, baru baru ini kehadiran transportasi berbasis aplikasi online telah memasuki kota Pontianak. Tidak di pungkiri bahwa transportasi online menjadi pilihan karena di buat semudah mungkin bagi pengguna internet dalam memilih jenis transportasi mereka dengan keunggulannya yang tepat waktu dan ongkos yang terjangkau.

Sekarang ini masyarakat Indonesia sudah tidak bisa terlepas dari internet yang  sebagian besar menganggap bahwa dunia internet banyak sekali manfaat bagi penggunanya. Dengan handphone pintar yang canggih dan murah membuat siapa saja akan mudah menggunakan dan mendapatkannya, dengan begitu internet membuat masyarakat mudah menemukan dan mempelajari apa pun yang ingin dicari pada sebuat gadget yang banyak di pakai di masyarakat. Oleh karenanya mempermudah menemukan transportasi menjadi salah satu pilihan manusia untuk menciptakan aplikasi dimana akan mempermudah mencari pilihan alat transportasi pada saat kita ke kota yang baru kita kunjungi.

Kota Pontianak sendiri adalah kota yang sedang berkembang pesat layaknya kota kota besar yang ada di Indonesia, yang mana kota Pontianak harus mampu menciptakan dan menyediakan pasilitas transportasi serta harus mempunyai infrastruktur yang memenuhi standard kota yang berkembang, agar kota Pontianak mampu memberi kenyamanan bagi pengunjung dan investor yang akan datang ke Pontianak. Seperti yang kita lihat sekarang ini memasuki era kemajuan kota kita berbondong bondong aplikasi transportasi online merambah kota Pontianak dalam memenuhi kebutuhan dalam mencari transportasi yang mudah dan murah.

Untung Ruginya Transportasi Berbasis Aplikasi Online Masuk Pontianak

Dengan kemajuan IT sekarang ini menjadikan Layanan transportasi berbasis aplikasi atau online sudah menjadi bagian hidup masyarakat perkotaan di Indonesia. Bagi warga di salah satu kota seperti Pontianak, tentu telah merasakan apa saja untung-ruginya dalam menggunakan jasa transportasi yang dipadukan dengan kemajuan teknologi tersebut. Bicara soal keuntungan, hal pertama yang dirasakan oleh para konsumen adalah kemudahan memesan layanan tersebut. Kemudahan itu didapatkan dengan banyaknya warga yang sudah memiliki smartphone dan koneksi internet yang mudah dimiliki, sehingga memungkinkan untuk mengakses aplikasi dan memesan hanya dengan sentuhan jari saja.

Keuntungan berikutnya adalah harga di bawah tarif sebagian besar angkutan umum berpelat kuning. Dalam beberapa kesempatan, masyarakat mengakui, tidak mempermasalahkan apakah angkutan yang dia naiki berpelat kuning atau tidak, melainkan, semurah berapa harga yang ditawarkan oleh perusahaan transportasi aplikasi online. Masing-masing perusahaan ojek dan taksi online di Indonesia menetapkan tarifnya berdasarkan hitungan harga tertentu per kilometer dan permenit perjalanan. Namun, perusahaan biasanya juga memberi harga promo untuk berapa kilometer pertama. Promo itu yang banyak dimanfaatkan warga, terutama untuk layanan ojek online dan ada juga pada taxi online. Jika kita memakai Go-Jek, Uber atau Grab, kita enak ngitungnya, harganya sudah pasti. Kalau naik ojek biasa, harganya bisa semaunya menetapkan. Kalau yang enggak ngerti harga, sama saja kena tipu, “kata seorang teman kita yaitu salah satu pengguna jasa transportasi aplikasi online.

Semua layanan yang bermanfaat, tidak lepas dari hal-hal yang merugikan konsumen. Beberapa pengakuan pengguna jasa transportasi berbasis aplikasi menyebutkan, mereka mengalami tindakan yang tak menyenangkan dari si pengemudi. Ada yang digoda melalui telepon dan sms, ada juga yang mengantar tidak sesuai dengan jalur, dan sebagainya. Pengemudi yang merugikan konsumen biasanya memanfaatkan informasi yang didapat dari aplikasi tersebut, seperti menyimpan nomor handphone penumpang. Selain itu, pengemudi yang curang juga punya trik memalsukan order atau pesanan sehingga dia pura-pura melayani penumpang padahal sebenarnya tidak ada yang memesan.

Merambahnya transportasi berbasis aplikasi online di kota Pontianak mendapat berbagai macam reaksi dari masyarakat Pontianak. Ada tanggapan positif dan ada juga yang negatif. Tidak sedikit pula yang menyambut baik masuknya aplikasi transportasi tersebut. Masyarakat Yang merasa di rugikan adalah mereka yang sebelumnya sudah menjalankan jasa transportasi konvensional di Pontianak, seperti ojek yang mangkal, taxi Pontianak dan jasa rental mobil di Pontianak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *