Wisata di Kabupaten Sanggau

Kabupaten Sanggau merupakan salah satu daerah yang terdapat beberapa tempat wisata, berada tengah-tengah dan bagian utara Provinsi Kalimantan Barat. Dengan luas daerah 12.857,70 kmĀ², Dari Pontianak jarak tempuh kurang lebih 5 jam perjalanan santai menggunakan rental mobil Pontianak atau jasa taxi Pontianak, dengan rute sepanjang jalan kita bisa melihat pemandangan bukit-bukit khas Kalimantan Barat. Kabupaten Sanggau juga terdapat salah satu pos lintas batas negara perbatasan antara Indonesia Malaysia, Kalimantan Barat.

Menyusuri Objek Wisata Kabupaten Sanggau

Berapa lama kita bisa menjumpai tempat wisata Sanggau.? Selama kurang lebih 2 jam perjalanan dari Pontianak, kita sudah mendapatkan beberapa destinasi wisata, yang berada Kecamatan Tayan, yaitu; ada danau Lait, danau Belibis, dikota kecamatan ada Keraton Tayan, dan Jembatan Tayan Yang sekarang ramai dikunjungi. “Jembatan Tayan” untuk menyeberangi sungai kapuas yang panjang dan lebar, karna bentuknya yang unik, jadi banyak wisatawan yang singgah hanya untuk sekedar berfoto.

Jembatan Tayan, salah satu tempat wisata di sanggau

Air Panas Sipatn Lotup, Salah Satu Wisata Kabupaten Sanggau

Sipatn lotup; Dalam bahasa dayak adalah; air mendidih. Terletak di dusun Peruntan, Desa Sape, Kecamatan Jangkang dapat dikunjungi melalui jalan darat dari Kecamatan Kembayan menuju Jangkang. Dari kota Sanggau melalui Kecamatan Mukok selanjutnya menuju lokasi air panas tersebut dengan jarak tempuh kurang lebih 70 km dari kota Sanggau. Oleh penduduk setempat sumber air panas ini namanya; Sipant lotup. Keunikan sumber air panas Sipatn Lotup ini berasal dari mata air yang panas oleh panas bumi (geothermal) dengan temperatur 52-55 derajat Celsius. Sipant lotup ini adalah; salah satu andalan wisata Kabupaten Sanggau.! tetapi belum banyak yang mengetahui. Karena.! belum bisa terjangkau menggunakan mobil, sarana dan prasarananya belum terkelola dengan baik jadi belum banyak wisatawan akan berkunjung kesana.

Jeram Suruh Tembawang

Apakah Anda pecinta arung jeram.? nah..! Dengan perjalanan kurang lebih 115 KM dari kota Sanggau kita menuju arum jeram yang terletak antara Kecamatan Entikong dan desa suruh tembawang. Arung jeram suruh tembawang merupakan salah satu objek wisata Kabupaten Sanggau yang memiliki 20 riam, dengan jalan terjal, dan waktu tempuh dari Entikong ke Suruh Tembawang 5 sampai 12 jam tergantung kondisi air, serta memiliki tikungan sungai sempit, bagus buat pengila olah raga arung jeram.

Air Terjun Pancur Aji

Selanjutnya kita mengunjungi objek wisata yang berada tengah kota Sanggau, yaitu; Pancur aji, merupakan air terjun dan riam-riam. Karena berada dikota, pancur aji ramai sekali dikunjungi setiap harinya. Sekarang dalam pengembangan sarana dan prasarana seperti kebun binatang, atraksi wisata air serta wisata khusus (camping ground dan outbond).

Komentar